Jumat, 11 September 2015

Ulasan Buku Anak Saleh Kesayangan Bunda: Tidak Rugi Memiliki Akhlak Terpuji

Judul Buku  : Anak Saleh Kesayangan Bunda
Penulis          : Meti Herawati
Penerbit        : LoveableKids
Tahun Terbit: Juni, 2015
Tebal buku   : 126 Halalman
Cover Buku
                                                         
Ceritanya, buku ini adalalah hadiah dari penulisnya langsung, yaitu Teh Meti Herawati. salah satu penulis inspiratif kesukaanku, beliau mengadakan kuis di grup Komunitas Bacaan Anak, Taraaaa dari sekian kali kuis yang kuikuti akhirnya ada yang nyantol juga ya hihiy, lumayan dapat buku gratis yaa, langsung deh kubaca dan siap mereview.

Salma meremas-remas keras hasil ulangan Matematika yang baru diterimanya, dia merasa sedih karena hasilnya rendah dan baru kali ini nilainya rendah. Salma menyembunyikan hasil ulangannya dari teman dan orangtuanya karena malu. Ternyata penyebabnya adalah Salma asyik bermain dengan sepupunya dan yakin bisa mengerjakan ulangan tanpa belajar. Dia takut pulang ke rumah dan hampir saja melakukan kebohongan supaya tidak dimarah ibu, namun Ibunya menghargai kejujuran Salma dan menasehati agar tidak mengulang kesalahannya.

Irsyad menundukkan wajahnya, mendengar teman-temannya menceritakan kehebatan ayahnya. Hatinya rendah diri karena ayahnya hanya tukang ojek. Hingga teman sebangkunya yang bernama Saleh memotivasi agar selalu bersyukur, karena sesngguhnya Irsyad lebih beruntung masih memiliki orangtua yang bekerja keras untuk mencari uang dan memberikan kasih sayang kepada anaknya, berbeda dengan Saleh yang sudah tidak memiliki orangtua dan harus diadopsi sebagai anak angkat.

Cerita di atas adalah 2 dari 33 kumpulan cerita asyik tentang akhlak yang terpuji. memiliki akhlak terpuji banyak manfaatnya tentunya, selain mendapat pahala dari Allah, juga disayangi semua orang, dan punya banya teman pastinya. berbuat baik tidaklah sulit asalkan ada niat dan terbiasa melakukan sejak kecil.

Buku Anak Saleh Kesayangan Bunda sangat lengkap menurut saya dan tepat untuk dibaca anak-anak usia Sekolah Dasar khususnya dimana mereka perlu diajarkan berbagai akhlak baik untuk membentuk manusia berkarakter saleh nantinya. 

Berisi 33 cerita pendek tentang berbagai macam akhlak terpuji, seperti: sifat jujur, memiliki rasa malu, rajin beribadah, bersyukur, memanfaatkan waktu dengan baik, tidak sombong, sederhana, berbakti pada orangtua dan guru, dan lain-lain. 

setiap cerita disertai hikmah dan tausiyah, potongan ayat suci Alquran dan Hadist, ada juga beberapa cerita sahabat yang patut diteladani, misalnya: kesetiaan tiga sahabat yang kehausan hingga ketiganya meninggal, Bakti Abu Hurairah kepada Ibunya, Cinta Abu Bakar terhadap Fakir miskin, dan lain-lain.  dilengkapi juga Potongan Ayat Alquran dan Hadits, Game, dan Hikmah.

Ilustrasinya yang colourfull sangat menarik terutama covernya yang timbul dominasi biru laut dan abu-abu, adem deh bacanya. namun ada beberapa penulisan yang salah ketik dan ada beberapa warna tulisan yang kontras warnanya bikin pusing mata, contohnya background ungu tuisannya hitam. okey Happy reading all
Abu Darda berkata, Rasulullah bersabda " Tiada sesuatu yang lebih berat timbangan seorang mukmin pada hari kiamat daripada husnul khulq (akhlak yang baik)" (HR. Tirmidzi) 



Tidak ada komentar: