Sabtu, 31 Januari 2015

Cara Menghilangkan Getah Pada Labu Siam (Manisa)

Manisa atau Labu Siam

Setiap Bangun pagi dan melaksanakan aktivitas rumah tangga, yang paling pusing pasti menghidangkan menu harian, masalah clasic. Akhirnya kepikiran masak lodeh tahu, tempe, dan manisa atau sayur Asem manisa dengan sambal pedas, pasti maknyus rasanya pas mendung juga, jadi ngiler ya pemirsa.

Manisa termasuk sayuran labu-labuan yang selain enak rasanya, empuk teksturnya, ternyata memiliki kandungan gizi dan sebagai obat herbal. kandungan vitamin C dan B complex serta asam folatnya sangat baik untuk MPAsi anak kita, sebagai antioksidan, menurunkan darah tinggi, dan lain-lain.

Bicara mengenai labu siam atau yang biasa dikenal dengan nama manisa (Saya lebih senang menyebutnya manisa), ada pengalaman  unik saat mengupas kulitnya. karena Saya jarang masak sayur manisa, tanpa ilmu dan pengalaman akhirnya jari dan tangan menjadi korban getah manisa ini.

Getahnya sangat lengket dan keras, tangan menjadi kaku juga seperti mati rasa, lebih parah dari lem biasa. setelah googling cara menghilangkan getahnya adalah sirebus dulu, tapi menurut hemat Saya kalau direbus akan mengurangi nutrisinya.

Berdasarkan pengalaman hari ini, Saya menemukan cara yang pas untuk menghilangkan getah saat mengupas kulitnya:

Pertama, potonglah manisa secara melintang

Irisan melintang dan getahnya keluar
Kedua, Tempelkan potongan manisa tersebut, dan gesek-gesekkan dengan gerakan memutar hingga getah putihnya keluar semua.

Gesekkan dengan gerakan memutar
Ketiga, Keriklah getahnya dengan pisau, kemudian masukkan ke dalam air dingin.

Keempat, Potonglah sesuai sekat pada manisa, dan kupaslah seperti biasa, dijamin tidak akan lengket di tangan.

Manisa dipotong dan direndam
Kelima, setelah dikupas dan dipotong dadu, cuci kembali dan manisa siap diolah.

Cara yang mudah sekali bukan? sayuran bersih, tangan bebas lengket, lebih sehat, masak jadi mudah, rasanya menggugah ^_^, Selamat mencoba.

2 komentar:

HendraDigital mengatakan...

Saya baru tau kalo labu disebut juga manisa. Saya biasa mengolah labu dengan cara direbus aja, terus dikasih sambal, mantap deh. Tutorialnya persis yang ibu saya lakukan, jangan-jangan ibu saya tau tutorialnya dari blog keren ini kali ya... Nice sharing

Irmine mengatakan...

A very helpful article.