Senin, 07 September 2015

Cita-cita Menjadi Ulama

"Orang yang benar-benar takut kepada Allah adalah seorang Ulama', dan suatu saat para Ulama' dihabiskan hingga manusia mengangkat orang-orang bodoh sebagai pemimpin yang menyesatkan"
 Masih ingatkakh ketika tiba-tiba muncul berita meninggalnya Ust. Jefry Al Bukhory dimana petuah dan tausyiahnya mampu menggetarkan para insan yang terkunci hatinya. perjalanan hijrah dari masa lalunnya yang kelam menjadi seorang Ulama' tentunya Allah akan menyayangkan jika harus hidup di dunia yang semakin multiproblem.

Menjadi Ulama sama halnya dengan menjadi khalifah di Bumi. pada dasarnya manusia diberi tuugas untuk menjaga bumi ini dan melakukan berbagai macam kebaikan di masa hidupnya. hendaknya sejak dini kita menanamkan cita-cita menjadi Ulama' yang takut hanya kepada Allah.

Ciri-ciri seseorang bisa dikatakan sebagai Ulama' menurut Ust. R Sa'ad Ibrahim, MA dari Malang, ada 5, yaitu:
  1. Menyadari berdasarkan pengetahuan dan ilmu tentang alam semesta dimana ada dzat yang merancang, memelihara, menumbuhkembangkan dunia ini, yatu Allah SWT.
  2. Memahami keEsaan Allah dan ilmu ketauhidan serta menghindari segala hal yang berkaitan dengan syirik.
  3. Memahami dan berusaha mengamalkan isi Alquran.
  4. Melakukan perbuatan-perbuatan yang menjurus kepada sifat Ulama' salah satunya mengikuti kajian keilmuan dunia dan akhirat.
  5. Melaksanankan shalat dan menafkahkan sebagian hartanya di jalan Allah SWT.
Sebagai manusia, Ulama' juga tidak terlepas dari salah dan khilaf. namun selalu bersaha menjaga kebaikan yang telah dilakukan hingga tidak terhapus dalam satu kali perbuatan dosa besar. Ujian Allah tentunya mengiringi perjuangan dan perjalanan setiap Hamba-Nya sesuai tingkat keimanan.

Fastabiqul Khairat, mari berlomba-lomba dalam melakukan kebaiakan saudara-saudara

Tidak ada komentar: