Jumat, 30 Januari 2015

Peribahasa Inspiratif dan Kisah Seru Tinggal di Jepang dalam "Aishiteimasu"

Cover Buku
Penulis : Hani Yamashita
ISBN: 9786022670162
Cetakan Pertama: Juli 2013
Penerbit: Galang Pustaka
Ukuran: 14 x 21 cm
Halaman: 206
Bahan: Bookpaper
Berat: 190 gram
Harga: Rp. 34.000

Dakuw sudah tamat buku ini Tahun 2013 lalu saat masih di Papua Barat, karena PLN hanya menyala malam hari, jadi wakutu luang sore hari kugunakan untuk membaca buku-buka yang kuborong dari Jawa melalui jasa Tukang pos.

Melihat judulnya yang berbahasa Jepang "Aishiteimasu" gitu uda bikin mata melirik karena Dakuw suka sekali segala sesuatu yang berbau Asia terutama Jepang dan Korea. Dakuw faham buku ini dari sebuah  Grup di FB.  Gambar cover juga menunjukkan dua sejoli dimana perempuannya memakai kimono.

"Aishiteimasu (Cinta, mendengarkan apa yang tak terucap, memahami apa yang tak dijelaskan"

Buku ini menjelaskan tentang pengalaman pribadi yang dialami Penulis "Hani Yamashita" saat tinggal di Jepang, Yamashita adalah nama suaminya yang memang keturunan Jepang. Penulis harus mengikuti suaminya untuk tinggal di Jepang, namanya juga Istri *_*. Perasaan campur aduk antara senang dan bingung, pasalnya mbk Hani ini belum memahami Bahasa maupun Budaya jepang, bisa dijamin banyak kisah serunya hahay.

Banyak pengalaman seru nan lucu dalam buku setebal 206 halaman ini, terutama kisah salah faham antara "cincin" dan "mangkok", istilah Jepang yang mengandung makna tak terduga (alat kelamin) sssst.. *sensor. Ada lagi yang lucu dan seru, ketika Penulis tersesat hingga malam karena salah menaiki subway, hii takut juga, kemudian tentang nama Hani yang sulit diucapkan (tabu) di Jepang karena panggilan cinta tapi alay. Selain itu menceritakan tentang berbagai budaya dan perayaan Ume Matsuri (musim semi) di Jepang, misalnya Budaya kelahiran anak, pernikahan, penjamuan tamu, perkumpulan dengan keluarga, dan lain-lain.

Dakuw senang membaca buku ini karena banyak diselingi istilah-istilah maupun kosakata Jepang yang sering digunakan, sehingga bisa sambil belajar Bahasa Jepang. selain itu juga disisipi peribahasa-peribahasa dalam Bahasa Jepang yang sangat memotovasi dan menginspirasi. Pengalaman dieritakan dengan runtut dengan bahasa yang ringan, serta setiap BABnya memberikan Informasi tentang Jepang, bagus abis lhow.

Buku Aishiteimasu ini adalah buku kedua mbak Hani Yamashita setelah buku perdananya "Japan Aftershock" terbit. sukses untuk buku-buku berikutnya ya mbak *_*

Quote: 
Banyak sekali quote yang bermanfaat, terutama peribahasanya:

"Tokoro kawareba shina kawaru = Adat istiadat tiap negara Berbeda"
Kame 

"Kame No Kou Yori Toshino Kou = Pengalaman adalah guru terbaik"

"Koubou nimo fude no ayamari = Setiap orang bisa melakukan salah"

"Zettai makenaide = Jangan menyerah"

"Wakai toki wa ni dokonai = Masa muda tak datang dua kali"

"Shiawase wa itsumo jibun no kokoro gakimeru = Kebahagiaan itu ditentukan oleh diri sendiri, bukan orang lain"

Tidak ada komentar: