Rabu, 28 Januari 2015

Astronomi dalam Cerita Bocah-Bocah Galaksi


Format:Soft Cover
ISBN13:9789790660816
Tanggal Terbit:14 Oktober 2009
Bahasa:Indonesia
Penerbit:Dar! Mizan
Halaman:124
Dimensi:140 mm x 200 mm x 10 mm
Harga: Rp 15.000,-

Berdasarkan request Penulisnya langsung untuk me review apa yang telah dibaca supaya lebih bermanfaat dan tidak hilang begitu saja. Sebenarnya buku ini sudah lama tamatnya tapi koq penyakit malas itu ndak ada habisnya menclok di mata, hehey.

Buku "Bocah-bocah Galaksi" ini merupakan buku Novel anak yang ditulis oleh Mbak Dewi Dedew Rieka (Ituloh Pentolannya Anak Kos Dodol, hahay). Ngefans banget dengan gaya berceritanya yang kocak namun ilmunya tetep nangkep menunjukkan bahwa penulisnya juga funny and smart.

Buku ini menceritakan perjalanan dan perjuangan Julian, Juni, dan Bumi dalam mewujudkan impian mendirikan klub Astronomi di Sekolahnya. tidak mudah tentunya, karena berbagai masalah internal dan eksternal yang mengiringi, misalnya Juni yang menderita penyakit Asma, Bumi yang iri terhadap kemampuan Julian, hingga Kepala Sekolah yang tidak menyetujuinya dengan alasan dana dan ruangan. Namun Juni dan dua temannya terus berusaha mewujudkan impian kakaknya yang telah meninggal dunia.

Julian Nugraha, si Kribo anak pindahan Kampung menuju Jakarta, dan menjadi bahan olokan akibat ulah Bumi yang iri karena kepandaiannya menggambar dan main bola. Karena galau sendiri akhirnya muncul ide konyol untuk mencari teman dekat dengan cara menulis biodata yang diterbangkan melalui balon (karena Merpati lagi ndak musim kali yaa..hehe). 

Muncullah Juni Destiana sebagai teman yang tak diharapkan tapi bikin penasaran. dia juga dijauhi teman-temannya karena hobi anehnya yang suka dengan langit, bintang, beserta planet-planet dalam galaksi. berawal dari nasib yang sama sepertinya tumbuh benih-benih cinta *lho maksudnya benih persahabatan diantara mereka. Berawal dari keterpaksaan menjadi terbiasa, terbukti Julian nurut juga untuk mengikuti lomba Astronomi karena kegigihan Juni mengajaknya dengan berbagai cara halal.

Bumi, teman sekelas yang gengsi mengakui kelemahan dirinyapun akhirnya bersahabat dengan mereka, karena sebenarnya dia suka sekali dengan Astronomi, karena ego diri akhirnya menjauh dari Juni dan sakitnya Juni menyadarkan dia untuk kembali bergabung dalam Tim Astronomi dan mengikuti lomba.

Buku ini bagus banget untuk dibaca, banyak ilmu Astronomi dan SAINS Fisika yang diceritakan  dan menunjukkan bahwa Astronomi tak serumit masalah kehidupan deh ehehe. Dalam Novel anak ini juga dijelaskan tentang cara membuat Teleskop sederhana, merancang roket, menggambarkan Planetarium, dan lain-lain. 

Cerita diselingi humor-humor tak terduga khas mbk Dedew (Penasaran humornya kok bisa nyambung kemana-mana ala lagunya Ayu Tingting ^_^) banget pokoknya dijamin anak-anak dan semua kalangan suka membacanya.


Quote: 
"Astronomi itu mengasyikkan, teman-teman pastisenang belajar dengan santai dan menyenangkan lewat alat peraga dan permainan seru. Nilai IPA kami pasti bagus semua. Astronomi itu bermanfaat, agar kita peduli pada alam sekitar (Halaman 100)

Tidak ada komentar: