Jumat, 10 Oktober 2014

Albino Painter (Murid Istimewa)

Saya Punya Murid Sang Inspiratif
Ketika saya mennulis tentangmu, tak lupa lagu "Tak Sempurna" yang dinyanyikan "Bondan & F2B" menemani setiap huruf yang akan kutuliskan. Kau seperti senja, malam tanpa bulan, kata orang kau berbeda dan tak sempurna dalam kelemahan dan ketebatasanmu namun kau adalah hal terindah yang pernah saya temukan,,hmmm copast, pesan bu guru keep creativitas ya :-)

Pertama menginjakkan kaki di tanah Papua Barat untuk mendidik murid tingkat dasar, banyak hal baru yang berbeda yang belum pernah saya temukan di kota sebelumnya, salah satunya adalah banyak penderita Albino di sana. kata Albino berasal dari bahasa Yunani albus   yang berarti putihCiri-cirinya adalah : memiliki mata berwarna merah jambu, karena darah yang mengalir tampak di retina mata. mata albino sangat peka terhadap cahaya, jika dalam gelap penglihatannya lebih jelas daripada ketika siang hari. Jadi, cara menyesuaikan diri adalah sering mengedipkan matanya. Rambutnya putih di seluruh tubuhya, bahkan jaringan di dalam tubuh dan syaraf tulang belakang berwarna putih. Kelainan ini bersifat menurun. Fenomena Albino terjadi karena adanya penyimpangan atau mutasi genetik yang disebabkan salah satu atau beberapa faktor (obornews.com).

Tidak ada yang mengharapkan terlahir tidak sempurna dan beda dengan anak-anak pada umumnya, salah satu dampaknya adalah minder, namun Allah telah menciptakan manusia paling sempurna dan dalam bentuk sebaik-baiknya diantara semua makhluknya (QS Attiin Ayat 4). 

Foto di atas adalah salah satu murid saya yang sekarang sudah kelas VI dan menderita Albino, namanya Mudhir Kaitam. awalnya saya memandang sebelah mata pastinya sebagai guru normal dan awam yang baru masuk pedalaman, karena dia mengalami kesulitan dalam berbagai materi terutama yang berupa membaca dan menulis. namun seiring berjalannya waktu, sebagai guru saya harus berusaha mencari solusi dalam menangani salah satu permasalahan kesulitan belajar mengajar tersebut dan saya menemukan ada hal unik yang dimiliki murid spesial iniyaitu pertama, dia menulis dari bawah ke atas jika mencontoh papan dalam mengerjakan soal. kedua, dia ternyata memiliki bakat menggambar dan memiliki daya imaginatif  yang lumayan bagus hanya perlu mengasahnya kembali. ketiga, dia  bagus jika diberi pertanyaan secara lisan.  

Saya pernah menjanjikan hadiah jika dia berhasil menjuarai perlombaan Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia dan akhirnya dia bisa membuktikan meskipun hanya Juara III, tapi saya sangat bangga terhadap usahanya. Beda dalam Kelemahan dan keterbatasan adalah sumber kekuatan dalam mewujudkan potensimu nak, meskipun bu Guru sudah tidak di sana lagi untuk memberikan wejangan, namun bu Guru menantikan Sinarmu dalam kabar gembira suatu saat nanti, karena Senjamu adalah Kesempurnaanmu ^_^

Espesially my student Kampung Sebyar Rejosari-Distrik Tomu-Kab. Teluk Bintuni-Prov. Papua Barat

Tidak ada komentar: