Rabu, 22 Oktober 2014

Nilai Juang Bayu Santoso-Pemenang Designer Album Maroon5



Bayu Santoso-Sang Designer
 (Sumber Gambar, Republika.co.id) Lagi-lagi prestasi anak bangsa yang tidak disangka-sangka hingga mencapai kancah internasional. Bayu Santoso, Mahasiswa semester 3 Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta Jurusan Desain Komunikasi Visual berhasil memenangkan lomba design cover album artis terkenal "Maroon5" yang diadakan langsung melalui website managemen group tersebut. Bayo Gale (Nama akun twitter) berhasil meraih Art Work favorit mengalahkan pesaingnya dari seluruh dunia.

Siapa yang tidak mengenal kelompok band asal California Maroon5, lagu yang paling saya suka saat itu adalah "This Love"   benar-benar enak banget didengar. Baru-baru ini merilis album terbarunya yang berjudul "V". Bayu tertarik untuk mengikuti lomba tersebut dan tidak menyangka akan memenangannya.

"Congratulations to Bayo Gale on the winning artwork on our creative Alliens contest to design alternative cover for V", tulis Managemen Maroon 5 dalam situsnya.

Pria 20 tahun kelahiran Sleman, Yogyakarta ini memang sering mengikuti lomba desain grafis. Pada tanggal 14 Juli 2014 kemarin juga menjuarai kontes yang diselenggarakan oleh musisi AS, Billy Joel. Bayu menggambar sosok Billy dan istana Kremlin dengan warna hitam, merah, dan krem. sedangkan dalam kompetisi Maroon5 dia menggambar Harimau dengan didominasi warna putih dipadu abu-abu dan cokelat karena mengandalkan lagu "Animals" dalam album barunya tersebut.

Siapa sangka Putra bungsu dari 5 bersaudara tersebut pernah mengalami masa sulit ketika SMA? Ketika sekolah, dia harus menggembala kambing, orangtuanya pernah menjual seluruh kambing untuk membiayai ayahnya yang sedang sakit (sekarang almarum) dan demi membiayai kebutuhan sekolah kelima anak mereka. Ayahnya mengajarkan anak-anaknya untuk mengerti susahnya hidup, tanggung jawab, nggak perlu malu sama orang.

Ternyata rahasia sukses dari pria yang suka menggambar sejak kecil ini adalah "Kesempatan jangan ditutup, yang penting mencoba dulu, karena kita tidak tahu akan menang atau kalah". Bersusah-susah dahulu, bersenang-senang kemudian.

Hal yang bisa dipetik dari kisah Bayu Santoso adalah:
  1. Kesuksesan itu proses, dan dimulai dari nol. siapa yang berhasil melewati hambatan dan rintangan  hidup, maka perjuangan itu tidak akan sia-sia.
  2. Kesempatan tidak datang 2x, apapun itu baik perlombaan, jodoh, karir, dan lain-lain. maka mari kita manfaatkan sebaik-baiknya, hasilnya kita pasrahkan pada Allah SWT.
  3. Nasehat orangtua. Tidak ada orangtua yang menginginkan anaknya gagal dalam hidup, selalu ada nasehat kesuksesan yang akan kita pegang selama bertingkah laku, dan yakinlah apa yang mereka petuahkan pasti bermanfaat bagi perjalanan anak menuju kesuksesan. 

Referensi: Http://www.detiknews.com. Juara-contes-cover-album-maroon-5

Tidak ada komentar: