Selasa, 07 November 2017

Ternyata Ukuran Penggaris 30 cm Ada Alasannya!

Penggaris Ukuran 30 cm
Materi Pelajaran IPA Terpadu kelas VII tingkat SMP diawali dengan materi Pengenalan Objek IPA dan dilanjutkan dengan materi Pengukuran.  Nah,  biasanya saya menjelaskan sedikit teori tentang besaran (segala sesuatu yang bisa diukur), macam-macam besaran (besaran pokok dan besaran turunan), serta alat ukurnya.

Jika mendengar kata "mistar/penggaris" pasti semua tahu kalau alat tersebut digunakan untuk mengukur besaran panjang.  Alat yang paling mudah untuk mengukur skala suatu benda yang tidak terlalu panjang. Ketika saya tugaskan para peserta didik untuk membawa mistar, sebagian besar membawa mistar ukuran 30 cm.

Saya berpikir mengapa banyak dijual yang ukuran 30 cm ya?  Ternyata ukuran penggaris itu sudah ketetapan dari kerajaan Inggris karena 30 cm = 12 inci sepadan dengan kaki orang dewasa. Sehingga angka 30 cm bisa mewakili secara universal.

Akhirnya saya tahu alasan kenapa sebagian besar mistar berukuran 30 cm. Menurut saya ini informasi baru yang saya ketahui. Semoga bermanfaat yya 😊

Tidak ada komentar: