Sabtu, 04 November 2017

"Pisang Lumpur" Sarapan Sehat Berkalori

Pisang Lumpur
Hari libur inginnya bersantai ria ya, tidur lebih lama, dan bermalas-malasan ala princes ratu sejagat hahay.  Namun mustahil lah bisa dilakukan seorang ibu, bisa kacau dapurnya ntar (alias garing gak da makanan). selain itu memang sejak menjadi guru sekaligus ibu rumah tangga saya hampir lupa rasanya "mbangkong" malah tidak bisa tidur, kepikiran anak dan suami nanti makan apa haha alay ya😄. Akhirnya hari Ahad biasanya saya gunakan untuk membuat cemilan sederhana atau mencoba resep mbah google. 😄

Hari libur Galungan kemarin karena cuaca dingin setelah malam harinya diguyur hujan, saya berencana  membuat cemilan pisang lumpur dan didampingi teh hangat wahh lezaat kayaknya. Mumpung bahannya lengkap di kulkas.  Cemilan ini gampang sekali cara membuatnya bahkan tanpa reseppun bisa diinovasi sendiri.  Yuk dicoba.... Berikut tahapan proses memasaknya:

Pertama,  siapkan bahan seperti pisang kepok (5 biji), keju yang sudah diparut (kraft yang ukuran kecil), susu kental manis coklat,  minyak goreng (200ml), gula (5 sdm), garam (1/4 sdt), tepung terigu (6 sdm), tepung beras (2 sdm), dan air (200ml).

Kedua, kupas pisang kemudian potong kecil-kecil sesuai selera, masukkan ke dalam adonan tepung terigu, tepung beras, gula, garam, dan air. 

Ketiga,  siapkan wajan dan penggorengannya, kemudian minyak dipanaskan. Masukkan adonan pisang goreng ke dalam wajan, masak hingga kuning kecoklatan. 

Terakhir, plating atau penyajian di atas piring semua posang goreng ditata dengan rapi, kemudian susu kental manis coklat dituangkan sesuai selera saja ya, tambahkan keju parut, dannnn siap dihidangkan selagi hangat bersama teh hangatnya. 

Sesuai pengalaman, dijamin belum sampai sepuluh menit sudah habis cemilannya. Ternyata, menu sederhana dengan topping istimewa bisa menggugah selera makan keluarga. Selain itu buah pisang merupakan buah yang memiliki kandungan kalori tinggi, sehingga cocok digunakan sebagai sumber energi di pagi hari..
Selamat mencoba momz 😄 


Tidak ada komentar: