Minggu, 12 Juli 2015

10 Fakta dan Mitos dari Buah dan Sayur

Buah dan sayuran adalah dua komponen makanan yang banyak mengandung mikronutrisi seperti vitamin, mineral, dan air yang berfungsi untuk membantu metabolisme tubuh.

Ternyata buah dan sayur memiliki filosofi mitos dan fakta setelah mengkonsumsi makanan tersebut. fakta tentunya diikuti oleh hasil ilmiah yang terpercaya, sedangkan mitos biasanya tidak sesuai dengan penjelasan akal manusia, misalnya: makan salak mengakibatkan sembelit, makan biji jambu bisa menyebabkan usus buntu, makan melinjo mengakibatka asam urat, ibu hamil makan nanas bisa keguguran, dan lain-lain.

Kita perlu mengetahui Fakta dan Mitos dari beberapa buah dan sayur tersebut supaya lebih memahami manfaat dan kebaikan nutrisi yang terkandung. ada 10 buah dan sayur beserta fakta dan mitosnya, yaitu:

Fakta Buah Jeruk. Buah jeruk adalah buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi dan sebagai Rajanya vitamin. namun ketika sakit maag disarankan untuk tidak  mengkonsumsi buah jeruk , karena  bisa meningkatkan asam lambung dan memperparah sakit maag.
Fakta Mentimun: menetralisir mengkonsumsi makanan yang dipanggang, seperti sate dan steak dengan makan mentimun. karena daging yang dibakar dapat memproduksi zat karsinogenik dan flavonoid penyebab kanker, dan mentimun memiliki zat anti karsinogenik untuk melindungi tubuh dari kanker.

Fakta Bengkuang. makan bengkuang bisa memutihkan kulit, karena mengandung isoflavon yang berfungsi sebagai antioksidan yang bisa mencegah kerusakan kulit akibat sinar ultraviolet dari matahari. oleh sebab itu banyak kosmetik yang menggunakan bengkuang sebagai bahan dasarnya.


Fakta Jeruk Nipis. Air perasan jeruk nipis dicampur kecap bisa menyembuhkan batuk, karena sifatnya yang asam sehingga bisa mematikan bakteri penyebab batuk kecap hanya sebagai penyeimbang rasa agar tidak terlalu asam. Air perasan jeruk nipis dicampur makanan kuah bersantan dapat mencegah kolesterol dan untuk diet, karena kandungan asamnya dapat memecah lemak dan mudah larut dalam air saat berada dalam pencernaan.
Fakta Pisang Ambon. wanita lajang disarankan tidak makan pisang ambon, penjelasan ilmiahnya karena dapat meningkatkan libido sehingga tidak baik  jika dikonsumsi terlalu banyak oleh wanita lajang


Mitos Buah Jambu Biji. Bisa dibayangkan jika makan jamu biji tidak disertai isinya, bagaimana cara memilihnya ya? ada mitos tentang makan buah jambu biji dapat menyebabkan usus buntu. perlu diketahui bahwa penyakit usus buntu disebabkan oleh adanya bakteri patogen yang menginfeksi usus besar, sedangkan biji pada jambu tidak akan menyumbat usus dan  dikeluarkan melalui fases.


Mitos Buah Nanas. biasanya wanita hamil sering ngidam rujak manis disertai nanas yang segar, namun banyak yang menyarankan untuk tidak mengkonsumsinya terutama nanas muda bisa mengakibatkan keguguran. takut dan khawatir tentunya apalagi masih hamil anak pertama atau memiliki kandungan lemah.  ternyata hanya mitos, karena tidak ada hasil ilmiah yang menyatakan bahaya nanas. faktanya justru nanas mengandung enzim bromelain yang dapat mencerna protein  dalam makanan agar mudah diserap tubuh sehingga janin berkembang dengan maksimal.
Mitos makan Bawang. Banyak orang bilang jika mengkonsumsi bawang mentah dan makanan yang mengandung bawang mengakibatkan bau badan tidak sedap padahal masakan tanpa bawang tidaklah lezat. bawang hanya memberikan dampak  meningkatkan suhu tubuh sehingga mudah berkeringat. keringat yang bercampur bakteri itulah yang menimbulkan bau badan tidak sedap.


Mitos Mentimun. makan mentimun mengakibatkan keputihan, fakta ilmiahnya tidak ditemukan kandungan pad mentimun yang menimbulkan keputihan, faktanya mentimun bisa menurunkan tekanan darah tinggi. keputihan terjadi karena kondisi vagina lembab dan malas mengganti celanan dalam, faktor stres, dan juga aktivitas yang berlebih sehingga memicu pertumbuhan bakteri keputihan.

Mitos Buah Salak. makan buah salak memicu sembelit padahal buah dan sayuran pada dasarnya sebagai sumber serat untuk memperlancar Buang Air Besar. ketika makan salak jangan dibiasakan mengupas kulit arinya, jadi langsung dikonsumsi.
Mitos Melinjo. sekali makan melinjo rasanya mau nambah terus, tapi ada mitos mengatakan bahwa makan melinjo bisa meninkatkan asam urat. ternyata keliru, pemicu asam urat adalah zat purin yang terdapat pada jeroan seperti pada usus, ati ampela, dan babat.


Mitos dan Fakta di atas menjadi wawasan tentang manfaat buah dan sayuran yang sering kita makan sehari-hari sehingga kita bisa selektif terhadap nutrisi yang dibutuhkan tubuh kita.

Tidak ada komentar: