Kamis, 11 Desember 2014

Outbond Wisata Bhakti Alam-Nongkojajar-Pasuruan 2011


Wisata Bhakti Alam Kelas 2
Tulisan ini untuk mengenang dan mengobati rasa rindu terhadap mereka semua yang saat ini duduk di kelas 6. Tak terasa waktu kian cepat berlalu meninggalkan segudang kangenku pada anak-anak yang telah memberikan senyum dan tangis untukku.

Tahun 2010 awal karirku menjadi guru di SD Muhammadiyah 9 Malang, tepatnya menjadi guru kelas 2B yang sebagian besar muridnya aktif dan cerdas, bahkan ada 2 murid spesialku yang berkebutuhan khusus. ya, sekolah tempatku mengajar menjadi salah satu pioner untuk Sekolah Inklusi di Malang.

Salah satu program semester yang paling ditunggu-tunggu para murid dan guru adalah pembelajaran lapangan (outbond), karena selain untuk refresh , murid-murid bisa mendapat ilmu secara kontekstual sambil bermain. Wajah keceriaan mereka memberi warna bagi hidup ini.

Outbond pertama yang saya ikuti adalah di Wisata Bhakti Alam yang terletak di Nongkojajar-Pasuruan, lebih lengkapnya baca disini. 

Perjalanan menuju tempat pembelajaran menggunakan bus selama hampir 3 jam dan bisa ditebak di dalam bus suasananya ramai sekali, biasa anak-anak tidak sabar dan membayangkan apa saja yang akan mereka lakukan di sana nanti. Mereka mengisi waktu dengan bernyanyi, bercerita, ngobrol, makan cemilan, bahkan berfoto ria, karena guru dan muridnya sama ja, gila foto, hahahay.. ^_^

Setelah sampai, murid tidak langsung bermain, tapi dibariskan sesuai kelas dan diabsen oleh masing-masing guru.

Siswa dibariskan dan diabsen sesuai kelas

Menuju lokasi outbond tidak berjalan kaki tapi menggunakan kereta kelinci karena wilayahnya luas dan kita keliling melihat tanaman dan hewan.

Keliling menggunakan Kereta
Setelah sampai lokasi outbond, para murid baris sesuai kelompok, berikut macam permainan yang mereka lakukan:

Murid dibagi Kelompok

Setelah dibagi dalam beberapa kelompok, mereka melakukan berbagai permainan menantang yang dipandu oleh kakak-kakak dari Tim Outbond Bhakti Alam, tujuannya melatih ketangkasan, kerjasama dan keberanian para murid, yaitu:

Bunga Matahari
Mengupas Permen Memakai Sarung Tangan Tebal

Titian Tali
Flying Fox (Guru Narsis)
Setelah melakukan berbagai macam permainan, kami diberi waktu untuk istirahat, makan, dan sholat dhuhur karena sudah siang. Setelah itu anak-anak disguhkan dengan kesegaran kolam renang mini. namanya anak-anak, ngertu air bawaannya pengen nyebur, siap-siap orangtua dan gurunya mendampingi nih.

Byur..Byur Segar Mandi Air
Puas berbasah-basah ria, murid-murid lekas mandi, ganti baju, kemudian lanjut ke wahana flora dan fauna. anak-anak diajari untuk memberi makan hewan ternak (Sapi) dan cara memerah susu sapi. Selain itu kami juga diajak berkeliling untuk panen buah melon emas karena lagi musim, biasanya ada buah duren, belimbing, buah naga, dan lain-lain.

Memeras Susu dan Memberi Makan Sapi

Panen Melon Emas

Tak terasa waktu sudah sore saja, hujanpun sudah mulai turun, lelah namun riang gembira setelah mengikuti kegiatan di Bhakti Alam ini, puas deh. semua tertidur pulas dalam perjalanan kembali ke Malang. Sebuah kenangan indah terpancar dari wajah-wajah polos mereka, jangan lupa esok tetap sekolah ya, Semangat.





Tidak ada komentar: