Selasa, 12 Januari 2016

Wah, Ternyata Tepung Kanji Multifungsi Lho!

credit
Sore hari, biasanya saya dan si kecil jalan-jalan sore sambil menyuapi makan. bukan bermaksud membiasakan makan sambil jalan, namun untuk refreshing sambil belajar mengenalkan anak kepada lingkungan sekitar sehingga tumbuh menjadi anak yang memiliki jiwa sosial dan berani bersosialisasi. Nah, teman yang biasa ditemui Fafa tiba-tiba berbalut tepung ala kue getas eh...maaf hehey. setelah saya tanya ternyata anaknya mengalami biang keringat dan ditaburi dengan tepung kanji. saat kawan menderita cacar air juga ditaburi tepung kanji biar cepat kering dan sembuh.

Siapa yang tak mengenal tanaman singkong? tanaman yang berasal dari umbi batang ini selain dapat diolah secara sederhana dengan cara direbus atau digoreng. ternyata bisa diolah menjadi tepung yang biasa dikenal dengan tepung tapioka atau tepung kanji. Umumnya, tepung kanji digunakan untuk campuran membuat kue, namun masih banyak manfaatnya bagi manusia.

Selain untuk biang keringat dan cacar air, ada 7 multifungsi dari tepung kanji tersebut, diantaranya adalah:
  1. Ampuh membersihkan kaca.
  2. membersihkan benda dari kotoran oli. Caranya: taburkan tepung kanji pada bagian yang terkena noda oli, kemudian cuci dengan sabun berulang kali hingga noda hilang.
  3. Mencuci benda yang berbahan perak. Tepung kanji yang telah dicampur cuka, dioleskan pada benda yang terbuat dari perak terutama bagian yang hampir berkarat. setelah itu dicuci dengan sabun dan dibilas.
  4. Mengangkat sisa tinta yang menempel di kain. oleskan kanji yang sudah dibentuk seperti pasta di bagian yang ternoda, kemudian kucek seperti biasa.
  5. Bisa dijadikan lem.
  6. Menyerap bau tidak sedap dari sepatu. Taburkan tepung kanji ke dalam sepatu sebelum disimpan, namun harus sering dibersihkan juga.
  7. Untuk perawatan kecantikan. tepung kanji dapat digunakan untuk masker wajah dan mengeringkan luka.
Begitu banyak manfaat yang bisa diambil dari bahan tepung kanji, sehingga tidak ada bagian dari tanaman singkong yang terabaikan, umbi akarnya untuk tepun, daunnya untuk sayuran yang kaya serat, dan umbinya dikonsumsi sebagai sumber kalori. semoga informasi tersebut bermanfaat ya teman-teman pembaca ^_^