Jumat, 15 Januari 2016

Hindari Kebiasaan Berikut Jika Tidak Ingin Mengalami Perut Buncit

"Badanku dulu tak begini, tapi kini tak cukup lagi"
Terbaru, Desember 2015
Sudah hampir setahun saya mulai beraktivitas sebagai guru kembali setelah setahun lebih fakum, senang sekali bisa beramal melalui Ilmu dan berbagi pengalaman dengan sesama rekan guru. ada perubahan signifikan yang terjadi pada saya, selain menambah pengalaman dan ilmu ternyata menambah berat badan juga hihiy, tandanya betah kali yaa...

Tapi ini penambahan yang tidak baik lhow karena jujur saya ingin sekali berat badan normal kembali seperti saat masih gadis hiks..hiks. tidak tanggung-tanggung sudah hampir 10 kg penambahannya dan postur seperti sedang hamil 6 bulan apyuun dech.

Setelah saya telusuri ternyata ada beberapa penyebab mengapa perut ini sangat cepat menjadi buncit,  pertumbuhan yang tidak lagi ke atas semakin mengembang ke depan dan ke samping, bisa jadi gen juga, kurang percaya diri banget akhirnya.

Jika tidak ingin mengalami perut buncit dengan cepat, sebaiknya menghindari kebiasaan-kebiasaan di bawah ini:
 pertama, sering minum minuman manis. gula memang menjadi faktor utama perut menjadi buncit jika tidak diseimbangkan dengan aktivitas yang banyak. musim kemarau yang panjang menjadi alasan tingginya keinginan untk minum es yang manis. namun jika air putih dingin yang diminum menyumbangkan sedikit gula daripada es yang manis.
Es Teh Segar

kedua,
suka mengkonsumsi minuman bersoda dalam waktu yang lama. minuman bersoda bermanfaat pada kondisi tertentu misalnya untuk membersihkan kerak dan menghilangkan dahaga, namun jika menjadi kebiasaan dapat berbahaya bagi tubuh hingga merusak ginjal. Kandungan gula dalam seporsi minuman bersoda sama mengandung sekitar empat kali lipat gula dalam minuman manis lainnya. Hal ini memberi kalori berlebih pada tubuh dan membuat tubuh menjadi obesitas.

Minuman Bersoda
ketiga,  mengkonsumsi makanan siap saji (junkfood). makanan yang disajikan dalam waktu cepat ini banyak menjadi pilihan karena hemat waktu tetapi rendah nutrisi. bahayanya, makanan cepat saji banyak mengandung kalori yang akan disimpan dalam bentuk lemak. Makanan cepat saji mengandung banyak gula buatan dan garam yang bisa menyebabkan kegemukan atau obesitas. Faktor seperti minyak goreng dan bahan pengawet lainnya yang digunakan di dalam pembuatan makanan cepat saji membuat tubuh sulit untuk menguraikan lemak yang masuk.

Burger Yummy
keempat, membiasakan diri tidur setelah makan sehingga makanan belum terjadi. setelah makan dan perut kenyang pasti rasanya ngantuk sekali. mau tidur, dilema karena pencernaan makanan belumlah sempurna, sehingga bisa menambah berat badan. Ketika asupan kalori masuk ke dalam tubuh dan tidak ada aktivitas lain yang anda lakukan, maka kalori tersebut tidak akan terbakar, dan malah akan menjadi lemak yang menumpuk di dalam tubuh. Lemak yang menumpuk di dalam tubuh tanpa adanya proses pembakaran akan sangat membantu anda menambah berat badan secara drastis, dan pada akhirnya akan mengakibatkan kegemukan.

Tidur Setelah Makan
kelima, melakukan aktivitas duduk dalam waktu yang lama. Duduk terlalu lama menyebabkan tekanan yang sangat besar untuk isi perut. Tekanan inilah yang akan membuat sistem pencernaan menjadi lebih lambat dari sebelumnya. Sistem pencernaan yang terlalu lambat maka bisa menyebabkan organ pencernaan tidak bekerja dengan baik. Beberapa gejala yang paling sering terjadi adalah perut kembung, kram, sembelit, mulas dan buang gas berlebihan. selain itu terjadi penimbunan lemak akibat kurangnya aktivitas bergerak.

Aktivitas Duduk
keenam, mengkonsumsi makanan berlemak dan kolesterol. Tentu saja makanan berlemak yang bisa membuat badan anda semakin membesar adalah makanan yang mengandung lemak jenuh. Bahaya lemak jenuh ini pastinya tidak disukai oleh masyarakat, terutama wanita. Selain bisa membuat penampilannya semakin tak enak dipandang mata. Makanya, jika mengalami obesitas, mulai sekarang lakukan diet sehat agar lemak jenuh tidak membahayakan kesehatan.

Makanan Berlemak
Merubah kebiasaan memang tidak semudah membalikkan tangan, namun konsisten sedikit demi sedikit merubah menjadi kebiasaan baik pasti mudah. selamat mencoba hidup sehat, mari mewujudkan berat badan ideal ^_^.

Tidak ada komentar: