Sabtu, 07 Februari 2015

Vocaloid, Kecanggihan dan Keunikan Hiburan Masa Kini

Profile Vocaloid
Sejujurnya Dakuw sangat penasaran sama vocaloid ini sejak Tahun 2013 lalu, saat murid-muridku yang masih kelas 4-5 SD sering mengupload foto beserta comment-comment seru bersama teman-temannya. Saat itu yang paling disukai adalah Hatsune Miku yang rambutnya dikepang warna hijau dan panjang (jadi inget Usagi sama usagi kecilnya Sailormoon dech)..hmmm,anak zaman sekarang, Gurunya kalau ndak bisa mengikuti yaaa...tutup badan pake selimut...tidur..hehe

Kepo banget, Awalnya Dakuw kira Anime dari komik Jepang karena profilenya komik banget, cantik and cakep dengan fashion yang unik, ternyata setelah googling and like fanpage di Facebook Dakuw temukan vocaloid adalah sebuah perangkat lunak yang diprodusi oleh Yamaha Coorporation  pada Tahun 2000 yang bisa menghasilkan suara nyanyian manusia. Bener-bener jempol plus canggih Negara Jepang ini,hmm kapan ya bisa ke sana??hahay..mimpi dulue..

Komposisi musik dan liriknya dimasukkan dalam layar penyunting sesuai nyanyian dan iringan musik yang diinginkan. sedangkan suara nyanyian diambilkan dari "Pustaka Suara" yang berisi sampling rekaman dari suara penyanyi sebenarnya. lirik lagunya tidak hanya menggunakan Bahasa Jepang, tapi ada versi Bahasa Inggrisnya.

Akhirnya dakuw mentelengi laptop dan Searching di Youtube tentang mv dari penyanyi-penyanyi vocaloid ini. Ada Hatsune Miku, Kagamine Len dan Rin yang kembar, Meiko, Kaiti, Akita Neru, dan lain-lain. Lagunya bagus-bagus dan ear catching, wajah dan mulutnya pas banget dengan lirik, ada dancenya juga ada yang ballad vers, bahkan ada live performance seperti konser beneran,, jadi sukaaa dech.



Berbagai mv vocaloid youtube vers
Bagi pencinta komik Jepang Anime, dan segala tentang budaya Negeri Sakura pasti suka juga dengan kecanggihan vocaloid ini, selamat menikmati ^_^. 

Guru juga harus mengikuti perkembangan zaman dan memberikan pengarahan jika terjadi penyimpangan sikap setelah menikmati hiburan dan teknologi yang perkembangannya tak terbendung saat ini. do what you think is good 


Tidak ada komentar: