Jumat, 13 April 2018

Serunya Wisata Edukasi di "PADUSAN" Pacet-Mojokerto

Wisata edukasi adalah kegiatan menggabungkan kegiatan wisata yang mana di dalamnya terdapat unsur pendidikan yang bisa menambah wawasan dan pengetahuan bagi pengunjungnya. kegiatan ini sangat diminati oleh masyarakat Indonesia khususnya untuk merubah paradigma bahwa berwisata tidak hanya sekedar bersenang-senang melepas lelah, namun bisa juga untuk menambah pengalaman sebagai kegiatan practical life.

Bulan Desember 2017 kemarin saya dan Fafa melakukan perjalanan pulang kampung ke Mojokerto-Jawa Timur. Biasanya keluarga akan membuat rencana untuk berwisata, karena cucunya yang paling jauh mudik ke Jawa. dalam obrolan sore yang tidak disengaja, kami dapat rekomendasi dari seorang kawan untuk berkunjung ke Padusan-Pacet. di sana terdapat wisata edukasi yang cocok buat anak-anak supaya mereka bisa belajar secara kontekstual sambil bermain. Ada kebun Petik Stroberi, wisata kelinci, dan menunggang kuda.

Keesokan harinya kami berangkat menuju  lokasi menggunakan mobil. kami berangkat pukul 09.00 WIB dan sampai di lokasi sekitar pukul 11.30 WIB. Biasanya perjalanan dari rumah menuju lokasi hanya ditempuh selama satu jam setengah, namun karena bertepatan dengan liburan sekolah dan ada jalan yang rusak, maka perjalanan semakin lama. setelah sampai  di lokasi, tak lupa kami mendokumentasikannnya sebagai kenang-kenangan.

Pintu Masuk Wisata Edukasi
Tiket masuk wisata petik stroberi dan wisata kelinci hanya 10K saja perlokasi, murah kan? karena saat itu sedang tidak musim stroberi, maka kami hanya berkunjung ke wisata kelinci saja. Fafa sudah antusias sekali berjalan menuju kandang kelinci padahal agak jauh berada di dataran tinggi, berjalan melewati kebun stroberi dan tanaman jagung.

Tempat dan Suasana Kandang Kelinci
Lokasinya terbagi menjadi dua, ada yang di bagian bawah dan ada yang di bagian atas untuk spot berfoto. di bagian bawah ada gua-gua kecil sebagai rumah hewan kelinci. anak-anak diberi satu ikat wortel untuk diberikan kepada kelinci. sungguh pengalaman yang seru bagi anak-anak. awalnya, Fafa takut mau memberi makan kelinci, namun lama-lama berani mengejar dan menyuapi kelinci dengan wortel. kemudian kami berfoto di spot yang bagus.
Fafa Memberi makan Kelinci
Spot Foto Taman Kelinci
Hampir dua jam berada di Taman Kelinci, anak-anak mulai jenuh. akhirnya kami menyudahi kegiatan menuju mushola untuk shlat dan makan. Berasa sekali manfaat dari kunjungan ke Taman Kelinci tersebut. selain melatih keberanian anak terhadap hewan, mereka juga belajar tentang cara memelihara hewan kelinci dengan benar.

Pulangnya, kami menuju Pasar Pacet yang terkenal dengan sayuran dan buah-buahan murah meriah. di sana ada fasilitas untuk menunggang kuda dengan membayar 25K untuk bergerak mengelilingi Pasar tersebut. lumayan, Fafa mencoba menunggangi  kuda bersama saya. awalnya ragu dan takut, namun akhirnya tidak mau turun ^_^
Serunya Menunggang Kuda

Setelah capek belanja, akhirnya kami pulang dengan membawa sekarung sayuran dan buah-buahan. lelahhh,,,,akhirnya tidur di mobil sampai rumah.

NB: Selain taman kelinci dan kebun stroberi, Pacet terkenal dengan air terjun dan kolam pemandian air panas. Pemandangan yang indah, sayuran murah, jajanan khas Mojokerto, dan udara yang sejuk menjadi alternatif warga Mojokerto untuk menghabiskan liburan di sana.