Rabu, 11 April 2018

Mudahnya Belajar Struktur Bumi Saat "Kami" Membuat Mading

Doc. pribadi
Materi                            : Struktur Bumi dan Dinamikanya

Kelas/Semester             : VII/Semester II K13

 Tujuan Pembelajaran : Menjelaskan lapisan penyusun bumi (inti bumi, mantel bumi, dan kerak bumi), komponen utama bumi (Atmosfer, Litosfer, dan Hidrosfer), peristiwa endogen dan eksogen pada lapisan litosfer (tsunami, gempa bumi, erosi, dan lain-lain), serta menjelaskan proses siklus air.

Media Belajar               : Majalah Dinding (Mading) buatan siswa

Metode Pembelajaran : Presentasi kelompok dan diskusi 

Materi Pengantar: 
Bumi merupakan satu-satunya planet yang bisa ditempati makhluk hidup, karena memiliki lapisan udara yang digunakan untuk bernafas, lapisan air untuk beraktivitas, dan lapisan daratan untuk tempat tinggal.
Lapisan bumi  terdiri dari lapisan inti bumi yang bersifat panas, lapisan mentel bumi (selubung bumi) yang banyak mengandung logam, serta lapisan kerak bumi yang berupa tanah dan bebatuan sebagai tempat tinggal makhluk hidup di Bumi

Komponen Penyusun Bumi diantaranya:
  1. Atmosfer (udara): tersusun dari 78% Nitrogen; 20,95% Oksigen; 0,95% Argon; dan sisanya karbondioksida; helium, ozon, dan neon. lapisan atmosfer mulai dari yang terbawah adalah: troposfer, stratosfer, mesosfer, termosfer, dan eksosfer.
  2. Litosfer (daratan): lapisan batuan yang ada di bumi (batuan beku, batuan sedimen, dan batuan malihan). daratan bisa terbentuk melalui teori tektonik lempeng dan proses alam. proses alam bisa terjadi melalui tenaga endogen (gempa bumi, letusan gunung berapi, tsunami), dan berasal dari tenaga eksogen (pelapukan, erosi dan abrasi, dan sedimentasi)
  3. Hidrosfer (perairan): hidrosfer menempati sebagian besar permukaan bumi, karena 75% permukaan bumi tertutup oleh air. Ilmu yang mempelajari perairan disebut hidrologi. jumlah air di bumi ini tetap dan tidak berubah, jumlah air yang tetap dan selalu bergerak dalam satu lingkaran peredaran membentuk siklus, yang dinamakan siklus hidrologi.
Konsep dari materi struktur bumi ini sangat sulit difahami oleh peserta didik terutama banyak sekali istilah-istilah yang harus dihafalkan, sehingga sebagai guru saya harus mencari solusi agar peserta didik memahami konsep penting dari struktur bumi. jangankan mereka, mungkin kita juga mengalami kesulitan dalam menghafalkan teori berlembar-lembar. tentu ada cara untuk memahami konsepnya, tidak harus dengan menghafalkan semuanya.
Salah satu media yang saya sarankan kepada peserta didik adalah memberikan materi inti dari lapisan bumi, kemudian memberikan tugas untuk membuat majalah dinding (Mading) dan mempresentasikan di depan kelas.
 
Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok, setiap kelompok memilih salah satu sub materi untuk dibuat madingnya, misalnya lapisan bumi, atmosfer, litosfer, atau hidrosfer. mereka membuatnya di rumah sesuai kemampuan, kemudian secara bergiliran maju ke depan kelas menjelaskan hasil diskusi kelompoknya.

Bagi peserta didik kelas VII, membuat mading dan mempresentasikan di depan kelas menjadi pengalaman baru, sehingga mereka sangat antusias dalam pembelajaran, meskipun dalam diskusi ditemukan beberapa kesalahan kecil, tapi mereka berani dan berusaha menyelesaikan tugas tersebut.

Bagi saya yang terpenting adalah prosesnya, karena seiring berjalannya waktu dan jam terbang mereka untuk melakukan pembelajaran yang sama (membuat mading dan presentasi), maka mereka akan terbiasa ketika mendapatkan tugas yang serupa di tingkat selanjutnya. selain itu mereka senang saat proses pembelajaran, tidak mengantuk dan lebih mengerti daripada hanya dijelaskan gurunya.
 
Siswa antusias mendengarkan temannya di depan
 
Banyak sekali manfaat yang didapatkan melalui penugasan mading, mereka lebih kreatif  dan inovatif dalam menyampaikan materi yang mereka pelajari, belajar kerjasama dengan kelompok dan tanggung jawab dengan pembagian tugasnya, melatih keberanian berbicara di depan dan menghargai orang yang berbicara di depan kelas. memang karya mereka masih banyak kekurangan, namun suatu saat akan terbiasa dan lebih kreatif lagi. semangat belajar dan mencoba berbagai pembelajaran ya ^_^

Salam Semangat dari Guru yang Haus Ilmu *_*
 
 










Tidak ada komentar: