Minggu, 04 Oktober 2015

Setahun nge-Blog: Ciptakan Peluang dari Tarian Jemari


 Perputaran waktu telah mengantarkanku untuk belajar mengenalmu, mengerti, dan memahamimu, meskipun sampai detik ini belum nampak karya membanggakan untukmu. berawal dari keisengan untuk mencoba hingga aku terjerumus dalam cinta meliak liukkan jemari ini di atas keyboard. wajar, karena usiaku masih setahun. masih Balita katanya, harap tunggu aku dalam proses pertumbuhan alami hingga menjadi dewasa dengan sabar dan ikhtiar. kelak, generasiku akan tersenyum dalam tatapan bangga ^_^
Mohon maaf, sajak di atas hanya goresan ngelantur ala mama yang sedang galau, cieee. senang sekali ada Giveaway mengenai sejarah cerita dibalik blog yang diadakan oleh mbak UniekKaswargantie apalagi tanggal 23 September kemarin tepat usia setahun blog personal zaqiamomfafa.com, salam kena dari Bali ya mbak.

Berbicara mengenai Blog, awalnya saat saya hamil besar dan mudik di Mojokerto, tiba-tiba kakak saya bertanya, "Ki, kamu tidak ingin ikut ODOA (One Day One Artikel)?". saya bingung apa itu artikel dan blog karena memang masih gaptek, tahunya ya fasilitas e-mail, facebook, twitter, dan instagram. setelah kakakku Azizah mejelaskan tentang keduanya, saya tetap ndak ngeh alias ndak mudeng aias masih bingung, jadilah saran itu terabaikan apalagi saya harus fokus pada proses kelahiran.

Dua bulan pasca melahirkan, saya dan si kecil harus hijrah ke Bali karena suami harus kembali ke Papua untuk bertugas kembali sebagai guru, sehingga kami harus tinggal dengan keluarga Bali. 

Menjalani aktivitas monoton setiap hari tentu melahirkan kejenuhan walaupun mengeluh itu tidak baik, karena menjalankan tugas wajib setelah lahirnya buah hati, namun menafikan rasa batin juga akan menimbulkan beban dan tekanan pada otak. kemudian, ketika mengamati timeline di  facebook ada kawan yang menawarkan pelatihan membuat blog personal dan artikel. Entahlah, saya merasakan adanya gairah baru untuk berkarya setelah hampir setahun fakum dari dunia tulis-menulis.

Saat mengikuti pelatihan online, ternyata sudah banyak peserta yang memiliki blog dengan template bagus sertia sudah SEO Friendly, saya yang masih baru lahir hanya bisa menangis melihat pesan-pesan terkait materi (#Efekloadinglambat). Sabar membaca materi dan aktif berdiskusi akhirnya saya memahami sedikit demi sedikit hal-hal yang berkaitan dengan blog dan terus belajar sampai saat ini.

Masih ingat artikel pertamaku yang berjudul Renungan Hujan, tulisan itu saya buat saat masih di Papua dan tinggal posting melalui blog, serta beberapa tulisan berikutnya juga sama tentang pengalaman tinggal di rumah panggung, karena saya bingung mau nulis artikel apa hihi.

Sebulan kemudian, saya berusaha dan kerjakeras mencari bahan untuk penulisan artikel, mulai dari: berimajinasi, melihat berita dan acara-acara yang menginspisari kemudian saya rekam terus saya tulis sesuai bahasa sendiri, mengamati fenomena di sekitar, nonton film, mendengarkan musik sambil mencatat lirik, membeli produk untuk di review, kuliner dan traveling, hingga wawancara pada narasumber, seru kan? sambil jungkir balik capek deh. posting tidak selalu setiap hari tergantung adanya bahan dan si kecil bisa diajak kerjasama atau tidak.

Ada proses berkesan yang pernah saya alami, yaitu saat mengganti domain blogspot menjadi .com. awalnya bimbang dan karena pengen gaya serta katanya lebih bagus kalau punya blog berbiaya akan dipertimbangkan di dunia review. tanpa ilmu yang dalam, saya mencoba membeli domain namun hingga sebulan blog saya malah error tidak bisa dibuka. Bersyukur tenor perusahaan yang mengarahkan proses perubahan domain berbayar tersebut sabar membalas semua pertanyaan dan kebingungan saya. Alhamdulillah saat ini zaqiamomfafa.blogspot.com sudah berubah menjadi zaqiamomfafa.com.

Ingin adil, saya harus tidur lebih malam dan bangun lebih pagi agar tidak mengabaikan tugas. lelah, pasti namun berpikiran positif selalu bahwa suatu saat apa yang saya lakukan memberikan manfaat. menulis saya lakukan di malam hari saat buah hati terlelap. beberapa bulan kemudian saya berusaha agar tulisan saya dimuat di viva.co.id dan dream.co.id untuk meningkatkan traffict pembaca blog saya.

Setahun berjalan, belajar dan kerjakeras mengantarkan saya untuk maju selangkah menjadi blogger, reporter, copywriter, dan reviewer produk. sedikit demi sedikit pundi-pundi rupiah mulai hadir mengiringi sebagai efek dari perjuangan selama setahun ini. bukan proses yang sebentar dan perlu kerja ekstra serta mempertahankan semangat lagi karena target yang belum terpenuhi masih banyak terutama memenangkan lomba blog, sampai saat ini belum pernah, jujur ya hahay. namun dengan adanya personal blog zaqiamomfafa.com ini bisa memberikan manfaat bagi orang lain. ciptakan peluangmu melalui tulisan dan karya.

Yuk yang Belum Ikutan Mari Merapat di Giveaway Cerita di Balik Blog

8 komentar:

Jelly Gamat Gold G mengatakan...

yang belum ikutan cepet-cepet daftar he

zaqiamomfafa.com mengatakan...

Jelly: wah diingatkan...sepertinya saya blum daftar lho di blog komentar pnyelenggara.. terimakasih ^_^

Unknown mengatakan...

wah hebat ya mba, multitalking yang profesional bisa menjadi blogger, reporter, dll, sukses selalu

zaqiamomfafa.com mengatakan...

Defa Ramadhani: masih abal2 mbak n blajar...jobnya juga g slalu tiap hari. semangaaat :-D

Pungky mengatakan...

Waaah hebat, baru setahun tapi postinganya udah banyak bangeeet :D

zaqiamomfafa.com mengatakan...

puny: terimakasih sudah mampir ya bak *_*...postingannya gado2 mbak hahay

Uniek Kaswarganti mengatakan...

Terima kasih sudah ikutan giveawayku ya Mba.... keep blogging.

zaqiamomfafa.com mengatakan...

Unik kaswagantie: sama2..smoga lain kali ada kesempatan lagi ya mbak... :-)