Selasa, 10 Maret 2015

Perkembangan Fafa 7-9 bulan

Fafa merangkak
Alhmdulillah tak terasa Popop dah berusia 9 bulan aja, lama tak menulis tentangmu nduk. bersyukur sekali Fafa mengalami perkembangan motorik yang cepat, meskipun giginya masih ompong, hehe tapi tetap cerewetnya ampun deh...

Sejak dalam kandungan, Aku sudah menjadi calon emak dengan segala obsesinya. gimana caranya supaya anakku perkembangannya bagus. setelah searching, sharing, consulting, and praying *lhoh, Aku mendapat rekomendasi untuk mengkonsumsi "Folamil Genio" atau "Minyak Ikan".

Kedua vitamin Bumil dan Busui tersebut memang tokcer menurutku, karena sejak dalam kandungan gerak anakku bener-bener syip dah kayak pemain bola hehe. manfaatnya bagus sekali untuk perkembangan otak dan motorik anak, selain itu juga bisa digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit dan meningkatkan kekebalan tubuh . minyak ikan ini bagus dikonsumsi untuk siapa saja dan usia berapa saja, karena minyak ikan juga bisa sebagai pencegah penyakit jantung, kanker, dan lain-lain.

Ada yang bilang kalau anak yang dilahirkan melalui operasi akan mengalami perkembangan lebih lambat daripada yang melahirkan normal ya? menurutku tidak juga, yang penting faktor gizi yang diberikan pas dan proporsional. Alhamdulillah berkat ASI Eksklusif dan Minyak Ikan, perkembangan motoriknya bagus dan sehat selalu.

Perkembangan Fafa 7-9 bulan:

Menurut dr. Marissa Tania Stephanie Pudjiadi, Sp.A dan dr. Martin Leman, Sp.A, Pada saat usia ini bayi semakin pandai tersenyum, terutama saat diajak bermain. Kontak mata bayi juga semakin meningkat. Hal ini meningkatkan hubungan antara orang tua dan bayi yang menyebabkan orang tua juga merasa disayang oleh bayi. Perkembangan yang juga ditemukan adalah :
  • Usia 6 bulan bayi sudah dapat mengontrol tegak kepalanya dengan baik dan sudah dapat duduk sendiri tanpa dibantu.
  • Usia 7-8 bulan bayi mulai merangkak dan mengambil benda-benda/mainan di sekitarnya. Bayi belajar berdiri dengan kedua kakinya menyangga sebagian berat badannya.
  • Bayi sudah dapat memegang 2 benda di dua tangan yang berbeda pada waktu yang bersamaan. Bayi senang menjatuhkan mainannya berulang-ulang serta memasukkan benda-benda ke dalam mulutnya. Saat ini ia sedang mencoba lebih jauh menelusuri dunianya. 
  • Bayi dapat memungut benda sebesar kacang dengan cara meraup.
  • Menirukan suara sederhana atau mengucapkan 1 suku kata seperti “ma”, “da”, ba”.
  • Bayi dapat makan biskuit sendiri
  • Bermain tepuk tangan dan ”ciluk ba”.
  • Bayi usia ini mulai mengerti ibu/bapak dan orang-orang di dekatnya. iya mulai mengalami separation anxiety dan stranger anxiety. Bayi seringkali takut dipisahkan dari orang tua/ ditinggal dan tidak mau digendong oleh orang lain yang jarang ditemuinya.

Perkembangan Fafa sangat sesuai dengan uraian di atas, usia 7 bulan sudah bisa duduk tegak, sudah mengalami separation anxiety dan stranger anxiety, bisa memanggil mama..emak.mam, am, mbah, dah, dll. Usia 8 bulan sudah merangkak, bahkan memasuki usia 9 bulan, dia bisa berdiri dengan cara memanjat badan atau menekan meja, hmm pokoknya tak lepas pengawasan nanti gawat, sudah pandai marah kalau tidak dituruti kemauannya, maunya mainan asli (buku, bulpoin, plastik, daun, galon, dll) daripada mainan anak-anak (boneka, belera, handphone mainan, dll) bahkan dia takut dan menangis kalau mendengarkan lagu dalam mainan-mainan tersebut, aneh kan. sebaliknya kalau ada musik dari handphone asli, dia tanpa komando langsung goyang tangan dan kakinya hihihi,,,,ini emaknya ngidam apaa dlu ya...

Anehnya lagi tambah besar koq Fafa Pobia air ya??? ada yang bisa kasih solusi? berbagai cara dicoba nihiiiil, mau air hangat atau dingin juga nihiilll dan tergantung moodnya. setiap mau mandikan Fafa selalu dibantu 2 orang..kakinya yang melangkah keluar bak mandi lah, narik baju emaknya, narik handuk, sampe manjat leher emaknya,,,haha alay. ini yang bikin Aku sedih huaaa...huaaa.. 

Namun do'a Emak, Fafa sehat selalu dan teruslah tumbuh dengan baik.. ini yang harus Aku syukuri  :-*
mainan favorit ^_^
melihat gambar buku
Suka mainan daun dan meremasnya
menahan sebagian tubuh dengan lututnya
Berpose imut tentunya ^_^




Tidak ada komentar: