Senin, 15 Januari 2018

Review Buku: Mengenal Fakta Sains dalam Al-Qur'an untuk Anak

Sumber: Dokumen Pribadi
Identitas Buku:
Nama Penulis: Nurul Fitri Fatkhani
Ilustrator : Kabita Studio
Editor : Ahmad Fa'iq
Penerbit : Cerdas Interaktif (Penebar Swadaya Grup)
Tahun terbit : 2017
Jumlah Halaman : 100

Kolaborasi Fakta Ilmiah, Al-Qur'an,  dan Kisah yang dialami Para Nabi Terasa Lengkap untuk Dibaca

Buku berjudul "Mengenal Fakta Sains dalam Al-Qur'an Untuk Anak" adalah karya Buku solo pertama yang ditulis oleh mbak Nurul dalam bidang penulisan bacaan anak. Berawal dari keaktifan beliau sebagai blogger dan copywriter yang sukses menyabet berbagai juara kompetisi blog, maka beliau ingin lebih memberikan manfaat dengan menulis buku antalogi dan buku bacaan anak.

"Kini aku tahu, bagaimana situasi dan kondisi di musim panas dan musim dingin. Ketika suatu saat nanti aku pergi ke tempat yang memiliki musim panas dan dingin, aku bisa mempersiapkan sebaik mungkin"
Membaca kutipan di atas tentu kita membayangkan bagaimana seandainya kita mengalami dua musim yang ekstrim panas maupin dinginnya ya.  Eiyz, Kutipan tersebut terdapat dalam salah satu bagian dari buku mengenal fakta sains dalam Al-quran, yaitu mengenai perbedaan musim dingin dan musim panas, bagaimana kondisi dan cara mengatasinya, terdapat kutipan Al-quran surah Al-Quraisy ayat 2 mengenai kebiasaan bepergian pada musim panas dan musim dingin.

Masih banyak sekali fakta sains yang bisa kita ketahui, diantaranya kita semua tahu bahwa Matahari adalah bintang paling terang, ternyata ada bintang sirius yang lebih terang dari matahari. Ada juga manfaat buah tin dan zaitun Yang merupakan buah yang dimuliakan Allah dalam Al-quran, ada juga manfaat sayur dan buah sesuai pigmen warna yang dimiliki. Kemudian kisah rumput yang dikenal sangat merugikan ternyata ada yang berfungsi sebagai obat, rumput apakah itu? Silahkan dibaca kelanjutannya ya.

Buku karangan mbak Nurul Fitri ini berisi 20 fakta menarik tentang sains, mulai dari membahas tentang 10 fakta bersifat fisika yang meliputi tentang awan, satelit bumi, galaksi, bintang Paling terang dan gugusannya, gunung meletus, dan matahari. 10 fakta berikutnya membahas tentang biologi yang meliputi tumbuhan dan bagian-bagiannya beserta manfaatnya, keanekaragaman hayati di laut, keajaiban gajah, hingga rerumputan yang bermanfaat.

Bagian yang menarik dalam buku ini menurut saya adalah setiap fakta berisi tentang teori yang berkaitan dengan tema subbabnya, misalnya tentang awan dijelaskan pengertian dan macam-macamnya, kemudian dilengkapi gambar, sehingga pembaca mudah membedakan terutama anak-anak.  Selain itu setiap subbab dilengkapi ilustrasi gambar yang sesuai tema, dilengkapi ayat Al-quran maupun hadist, serta semakin lengkap dengan adanya kisah para nabi yang berkaitan dengan materinya, jadi semakin seru untuk dibaca ceritanya.

Kekurangan buku ini menurut saya adalah masih terlalu banyak tulisan untuk dibaca, sehingga kemungkinan menimbulkan kejenuhan pada anak walaupun selingi beberapa ilustrasi dan ada sedikit kesalahan penulisan huruf,  namun keseluruhan buku ini bagus untuk dibaca oleh anak usia 8-12 tahun, bahkan anak Datita    (3-5 tahun) juga bisa diceritakan buku ini, dengan pendampingan orangtua dan penjelasan tambahan, anak bisa memahaminya juga,  karena seperti dilansir dari Abiumi.com (11/5/15) bahwa salah satu cara Allah Swt. menyampaikan petunjuk, perintah, larangan, dan peringatan-Nya kepada anak adalah melalui cerita.

2 komentar:

Nurul Fitri Fatkhani mengatakan...

Alhamdulillah. Terima kasih banyak, Mbak Zaqia sudah mereview buku Mengenal Fakta Sains Dalam Al-Qur'an untuk Anak.
Masukannya juga sangat berarti bagi saya. Dan akan saya jadikan acuan untuk membua karya selanjutnya.
Semoga bermanfaat, ya...
Sekali lagi, terima kasiih :))

zaqiamomfafa.com mengatakan...

Sama sama mbak nurul... Saya jga boleh dkritik tentang pembuatan resensi ini mbak.. Pengen mendalami juga😊