Rabu, 12 November 2014

Gegabah Beli Mainan Edukasi (Mianhae Fafa)

Bisa dibilang semua ibu baru pasti mupeng pengen beli ini itu untuk menunjukkan perhatiannya  dan cintanya kepada sang buah hati, baik baju, makanan, maupun mainan yang bisa mengembangkan syaraf si kecil terutama syaraf mootoriknya.

Ceritanya di Hari Ahad yang hot-hot pop, aku ditemani tante upik ke Pasar Negara-Bali untuk mengobati eits membenahi anting-anting Fafa yang sebelah kanan akibat tingkahnya si pipi bakpau ini yang suka garuk-garuk muka hingga telinga...hehe..so, lepas dech..

Kemudian tante upik mengajak jalan ke mall clandys untuk belanja kebutuhan sehari-hari, mata emak baru ini tak ketinggalan lirak lirik baju dan mainan..ya,g tau lah mungkin naluri ibu ya..keluar rumah dan pulng g beliin apa-apa buat anak itu hampa rasannya hehe..jdi nyambung lagunya Ari Lasso nieh..

Akhirnya mata ini tertuju pada boneka little penguin dengan kode 3+ yang menandakan mainan ini untuk usia 3 bulan ke atas. Setelah dicoba, bonekanya mengeluarkan nyanyian U..I..U..AA..Ting...Teng..Walwa.Bingbet dan aku yakin semua tahu lagu ini, terus si boneka bisa jalan maju mundur dan sayapnya membuka menutup dengan nyala lampu yang cerah,lucuuuu dech sampe maknya yang heboh.. Aku kode tante Upik, "Oke", katanya menandakan setuju.

Taraaaa....ini bonekanya
Little Penguin Unyu

Tahu tidak apa yang terjadi??? kedua alis si cantik langsung mengkerut, kakinya mendadak ditegakkan minta berdiri, tangannya memegang erat tangan mbah utinya, ,mulutnya melebar 3 cm ke kanan dan kiri, laluuuu... Huaaaaaa..Tangisnya terpecah dan dia lebih memilih boneka kecil di sebelahnya yang berbunyi jika dipencet perutnya...si Emak Kecewa plus Kasihan T_T.

Hikmah yang bisa didapat adalah kita harus memperhatikan Rambu-rambu memilihkan mainan si kecil! ya, maklumlah new mommy kalau ndak salah kan ndak belajar namanya hehe...ngeles dech. Setelah googling dapat tipsnya:
  1. Pilih mainan yang sesuai dengan tahap perkembangan anak, baik usia emosi, dan fisiknya. 
  2. Mainan terlalu rumit dengan musik yang terlalu keras menimbulkan stress pada anak. tapi jangan juga yang terlalu mudah. 
  3. Pilih mainan yang bisa merangsang panca indranya, semakin banyak panca indra yang digunakan, sel-sel otak anak akan lebih berkembang.
  4. Utamakan mainan yang tidak membahayakan keselamatan anak saat bermain. misal, apapun yang dipegang bayi pasti masuk mulutnya, sehingga pastikan tidakmengandung bagian kecil yang bisa tertelan. warna mainan juga pastikkan tidak mengandung zat beracun.
  5. Sterilkan mainan yang terbuat dari bahan karet dan jangan memilih bahan yang mudah rusak atau pecah.
Well, akhirnya mainan yang pas buat si ndut Fafa 0-6 bulan adalah:

Mainan untuk digigit (theeter), kegiatan ini untuk merangsang indra pengecap bayi


Mainan yang terbuat dari karet untuk merangsang indra peraba bayi



Mainan gemerincing di tangan dan kakinya untuk melatih motorik halus bayi











Selamat bermain anak cantiik...mmmuah :-*

Tidak ada komentar: